Di dalam negara Indonesia juga di atur beberapa aspek dalam perundang - undangan,yang di dasari dari pembukan UUD 1945,dan Ideologi Indonesia, untuk mengatur ,dan menertibkan dalam bernegara agar tercapai ketertiban bersama.
Jadi peraturan tertulis maupun tidak tertulis itu bukan bertujuan membukam kebebasan tapi mengatur cara memunculkan gagasan yang liar dan mengkaji ulang gagasan tersebut untuk mengetahui atau memahami batasan kebebasan yang berlaku, sehingga dalam berprilaku tidak melewati kaidah - kaidah yang diinginkan oleh para pendahulu bangsa ini.
Kebebasan dalam pendidikan adalah kesadaran berpendidikan nasional, menurut Ki Hajar Dewantoro ada 3 poin kemerdekan (kebebasan).
1. berdiri sendiri ,maksudnya pendidikan itu berdiri sendiri sewajarnya siswa untuk mencari ilmu sesuai dengan kebutuhan tanpa adanya pola asuh yang mengatur secara memaksa berlabel kurikulum, karena ilmu adalah sesuatu yang dapat dipelajari memiliki metode serta sebab yang logis dan dapat di terapkan.
2. tidak tergantung orang lain, setiap manusi memilik cara dan penyelesaian masalah sendiri - sendiri, jadi setiap manusia memiliki pengetahuan masing - masing, namun pengetahuan itu bukanlah ilmu karena pengetahuan bersifat gaib maksudnya tidak bisa di jelaskan secara terperinci,karena menganut kebiasan sehari- hari.
namun yang di maksud Ki Hajar Dewantoro bukan masal personal siswa atau guru namun cara membuat pendidikan yang berdiri sendiri tanpa terkait oleh instansi - instrasi dan golongan - golongan kelompok yang akhirnya akan membuat suatu tujuan kepentingannya dalam pendidikan.
3. Dapat mengatur dirinya sendiri,hal ini seperti yang sudah di jelaskan di atas tentang kemerdekan atau kebebasan di atas.
sehingga Ki Hajar Dewantoro memiliki semboyan "ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI" yang berarti di depan saya menberi tauladan, di tengah - tengah memberi semangat, di belakang memberikan dorongan motivasi.
Jadi seorang pendidik harus memegang teguh 3 poin kemerdekaan dan 3 poin semboyan Ki Hajar Dewantara karena beliau adalah Pahlawan pendidikan di Indonesia sebagai panutannya.
Link filsafat pendidikan 7B pertemuan ke 2 :
1. Nama: isna zulfa (15120265)
2. Amalia Ayu Lestari (15120065)
3. ika sofiana 15120299 http://ikasofiana97.blogspot. com/?m=1
4. Nofiana Ulfa (15120055)
5. Yulanta Ilham amalia (15120276) http://filsafatpendidikan101. blogspot.com/2018/10/filsafat- pendidikan-ke-2-yulanta.html? m=1
6. Anita Tri Yuniarti (15120247)
7. Afif Zaenal (15120096)
8.azzah nurlaela (15120245)
9. Suci Yulianti Lestari (15120379)
10. Feby Rohma Awalia (15120093)
11. Angilia Herli Lutfiyani (15120088)
12. Risha Ardhanty (15120079)
13. sri Kartika asih ( 15120388 )http://srikartikaasih62. blogspot.com/2018/10/ pendidikan.html?m=1
14. Bayu kurniawan (15120057)
15. Abu Rizal Bakri (15120482)
16. Muhammad khoirul ulum 15120248
17. Nida Nur Fauziyyah (15120094)
18. Ika Arum Pujiastuti (15120268)
19. Dita Ihsaniah Putri (15120069)
20. Vitriana Dara Hayufani (15120149) https://scorpion1311.blogspot. com/2018/10/ pendidikannasional-nama- vitriana-dara-html
21. Linda Prima Safira (15120115) http://myhomespiderlilystory. blogspot.com/2018/10/filsafat- dalam-pendidikan.html
22. Ardhita Dian Aslami (15120350)
23. Sesty isdayanti (15120066) http://sesti789.blogspot.com/ 2018/10/ki-hadjar-dwantara- kasanah-pradapan.html?m=1
24. Dwi Kurnia Ningsih (15120062) http://triptobalinings. blogspot.com/2018/10/ reportase-filsafat-pendidikan- pertemuan.html?m=1
25. Yasinta Juwita P. (15120071) https:// yasintajuwitapermatasari. blogspot.com/2018/10/ reportase-filsafat-ilmu- pendidikan.html?m=1
26. Irma Anggraeni Aida (15120074)
27. Ahmad gofur
28. Dodi yugantara
29. Indra Pramono (15120089) https://pramonoindra90. blogspot.com/2018/10/ pendidikan-nasional_5.html?m=1
30. Syaidiah Intan Ariani (15120112) https://vatanisly16.blogspot. com/2018/10/banyak-teori- teori-belajar-yang-ada.html
31. Nur Novianti 15120051
Tidak ada komentar:
Posting Komentar